Main Game Bisa Jadi Profesi

Zainab, S.Pd.SD (Duki No. 2279)
Guru SDN 006 Singkep Barat, Lingga – Kepulauan Riau

Komik kisah “Main Game Bisa Jadi Profesi” merupakan komik literasi digital di Kipin School yang yang bersifat informatif yang menceritakan tentang pengaruh digitalisasi yang salah pemanfaatannya. 

Dalam komik ini diceritakan tentang seorang anak yang kecanduan game online dan berambisi akan menjadi pemenang di sebuah game. Pengaruh dari perkembangan teknologi yang kurang pengawasan dan penjelasan khususnya oleh orang tua di rumah akan berdampak buruk bagi pendidikan. Karena peran orang tua terhadap perilaku anaknya sangat penting agar apa yang dilakukan seorang anak bisa terarah. 

Pada pertemuan dengan bu guru ibu Riko mengatakan “Beberapa bulan terakhir ini Riko sedang menggandrungi game online, bu”. “Pagi, siang, malam ia terus-terusan main game di depan komputer. Kami berdua sudah sering memarahinya soal ini, namun ia tetap bandel”. Ternyata dalam membimbing tidak perlu dengan cara yang kasar karena pengaruh dari teknologi yaitu game online sangat kuat karena dengan nilai kemenangan yang sangat menggiurkan kita yang berharap akan mendapatkannya. Sehingga pembelajaran di sekolah terasa membosankan.  Namun jika peran orang tua bisa mengatasi pengaruh tersebut dengan cara komunikasi yang baik tentunya semua bisa berjalan baik-baik saja. Riko bisa menjalankan tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar yang sebentar lagi akan menyelesaikan pendidikannya.

Dan ternyata teknologi atau game online bukan saja bisa dimainkan tapi kita juga bisa sebagai pembuatnya. “Lagi pula terjun ke dunia game itu tidak melulu dengan cara menjadi pemain kamu juga bisa menjadi seorang game programmer atau game designer” jelas ayah Riko untuk membangkitkan semangat Riko dan Riko berjanji akan melakukan tanggung jawabnya untuk tetap belajar dan menyelesaikan pendidikannya.

Pesan moral dari komik tersebut yaitu : 

  1. Dengan adanya perkembangan teknologi kita harus tetap semangat belajar
  2. Dan zaman digital sekarang profesi bukan saja yang biasa kita lihat dan ternyata main game juga bisa menjadi profesi yang bagus.
  3. Artinya dengan perkembangan zaman peran orang tua sangat penting dalam mengawasi apa yang sedang terjadi terhadap anaknya.
  4. Dengan adanya teknologi yang memudahkan segala pekerjaan kita, tetap jalin komunikasi yang erat agar saling mengingatkan.

Simak terus komik digital yang ada di kipin school yang sangat bermanfaat bagi guru dan murid dalam meningkatkan literasi di sekolah.