Memberi dengan Hati

Fardiansyah, S.Pd (Duki No. 2109)
Guru SD Negeri Gandasari 3, Jatiuwung Kota Tangerang – Banten

Pendidikan.id Melalui KIPIN telah menerbitkan Komik Pendidikan Moral yang Berjudul  Memberi Dengan Hati yang dapat di baca oleh anak-anak yang berusia 10 Tahun . Komik ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama Haryo diberikan hadiah oleh ibunya karena berprestasi di sekolah sebagai juara kelas kemudian hadiahnya dibuat untuk memberikan kepada orang lain lagi yang lebih membutuhkan.

Cerita dimulai dari pagi hari di rumah, Haryo di bangunkan oleh ibunya dan di berikan kabar gembira bahwa sanya haryo menjadi juara kelas kemudian diberikan hadiah sebesar 200 ribu oleh ibu. Haryo ingin mempergunakan uang hadiah dari ibu untuk membeli makanan di Restoran Korea yang enak.

Pada saat perjalanan menuju ke Restoran Korea di tengah jalan Haryo bertemu dengan seorang anak yang belum makan beberapa hari dengan keluarganya dan meminta untuk dibelikan makanan kepada Haryo. Haryo pun merasa kasihan kepada anak tersebut kemudian mengajaknya untuk pergi ke sebuah warung nasi dan membelikannya makanan untuk anak tersebut dan keluarganya dari uang hasil pemberian ibu sebagai hadiah juara kelas. Setelah menolong anak yang belum makan kemudian Haryo melanjutkan perjalanan menuju ke Restoran Korea untuk membeli makanan korea ternyata dalam perjalanan Haryo tidak sengaja menabrak seorang nenek-nenek yang ingin menuju stasiun untuk pergi menemui anaknya yang jauh di solo.

Haryo pun kaget dan menegur nenek-nenek untuk berhati hati di jalan ternyata nenek-nenek tersebut sudah tidak dapat melihat singkat cerita Haryo pun mengantarkan nenek-nenek tersebut ke stasiun setelah di tanya oleh Haryo apakah nenek sudah memiliki tiket kereta apa nenek tersebut menjawab belum memiliki tiket kereta api untuk tujuan solo karena tidak memiliki uang untuk membelinya. Mendengar hal tersebut Haryo langsung membelikan tiket sesuai tujuan nenek tersebut dan membelikan makanan dari uang sisa menolong anak yang belum makan sebelumnya.

Haryo menyadari bahwa uang dari hasil pemberian ibunya untuk hadiah juara kelas tinggal 30 ribu dari hasil menolong seorang anak yang belum makan dan nenek yang akan pergi menemui anaknya di kota yang berbeda. Haryo pun  memutuskan untuk tidak membeli makanan korea akan tetapi malah membeli makanan berupa sate dan nasinya.

Dari cerita yang dibaca terdapat beberapa maanfaat yang dapat kita pelajari antara lain :

  1. Kita dengan sesama harus saling menghormati dan menghargai
  2. Saling kasih sayang
  3. Saling menolong sesama

Demikian review yang saya dapat buat kuarng lebihnya saya mohon maaf.