Kisah Putik dan Benangsari

Sawir, S.Pd. (Duki No. 1535)
Guru SDN 1 Tanjungkerta, Indramayu – Jawa Barat

Komik ‘Kisah Putik dan Benang Sari’ merupakan komik literasi digital yang bersifat informatif di bidang ilmu pengetahuan alam. Ditulis sebagai bahan kegiatan literasi untuk anak-anak Indonesia dengan usia lebih dari 7 tahun.

Dalam komik ini diiformasikan bagaimana fungsi putik dan benang sari yang ada pada bunga tanaman saat proses penyerbukan terjadi hingga sampai suatu peristiwa yang disebut pembuahan pada tanaman berbunga. Diceritakan seorang anak yang bernama Rita. Suatu malam dia mengalami kecapean akibat aktivitas belajar yang dipaksakan sebagai persiapan besok hari disekolah akan ulangan. Rita ditegur oleh ibunya untuk istirahat bahkan sempat diingatkan untuk minum vitamin sebagai penjaga stabilitas kebugaran stamina tubuh. Rita pun minum vitamin yang dikasih ibunya kemudian istirahat tidur malam.

Keesokan harinya ketika Rita habis ulangan matematika kedapatan gurunya tampak kelelahan. Rita beserta rekan sekelasnya diajak untuk melanjutkan pelajaran berikutnya yaitu pelajaran IPA dengan kegiatan belajar di luar ruang kelas. Semua siswa tampak suka tak terkecuali Rita. Bu Guru Titin mendampingi siswa yang sedang belajar dengan suka cita karena mereka diajak guru untuk mengadakan pembelajaran diluar ruang kelas dalam situasi yang menyenangkan. Pembelajaran IPA dengan materi penyerbukan dan pembuahan yang diantaranya terdapat komponen penting yaitu putik dan benang sari dapat dicerna oleh siswa dengan baik.

Pesan moral yang ada pada komik judul ‘Kisah Putik dan Benang Sari’ adalah sebagai berikut.

  1. Jangan memporsir tenaga untuk belajar, meskipun akan ulangan.
  2. Harus bisa membagi waktu belajar, bermain, dan istirahat.
  3. Harus bisa mencari kesempatan terbaik untuk belajar.

Simak komik digital ‘Kisah Putik dan Benang Sari’ seutuhnya dalam aplikasi Kipin School (KS4).