Nostalgia Di Yogyakarta

I Kadek Agus Sudiandika (Duki No. 2263)
Guru SD Negeri 3 Tigawasa, Buleleng – Bali

Komik “Nostalgia di Yogyakarta” merupakan komik literasi digital yang bersifat informatif di bidang ilmu pengetahuan umum. Ditulis sebagai bahan kegiatan literasi untuk anak-anak Indonesia dengan usia lebih dari 10 tahun. 

Dalam komik ini diinformasikan tentang indahnya berwisata di kota Yogyakarta. Diceritakan bahwa Dwiky dan keluarganya mengisi liburan dengan mendatangi kota Yogyakarta. Setelah melewati perjalanan menggunakan kereta api yang cukup lama akhirnya Dwiky beserta orang tuanya tiba di kota Yogyakarta.

Setelah melepaskan lelah di hotel tempat mereka menginap, mereka pun mulai mengeksplorasi kota Yogyakarta. Perjalanan mereka dimulai dari Pusat Kota Yogyakarta yaitu Malioboro. Di sana mereka membeli makanan khas Yogyakarta yaitu gudeg. Mereka sangat puas dengan makanan yang mereka beli karena selain murah harganya juga lumayan murah.  

Keesokannya perjalanan pun dilanjutkan. Mereka berwisata mengelilingi kota seperti ke Taman Sari, Keraton Yogyakarta, dan Pasar Bringharjo. Mereka juga melihat bagaimana proses pembuatan batik serta membeli oleh oleh yang akan mereka bawa ke Jakarta.

Pesan yang kita dapatkan dari komik tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Banyak tempat wisata menarik yang ada di Indonesia salah satunya adalah Kota Yogyakarta.
  2. Kuliner nusantara sangat beragam dan enak salah satunya adalah gudeg3. Kita harus rajin menabung agar bisa berlibur.