Izinkan Aku Meminjam Bahumu

Khoiriyah, S. Pd. SD (Duki No. 308)
Guru SD Negeri Kaliboto, Kecamatan bener, Kabupaten Purworejo – Jawa Tengah

Review Komik “Bagian Tubuh Paling Mahal”

Komik yang berjudul “ Bagian Tubuh paling Mahal “ merupakan sebuah sarana literasi yang dapat menarik keingintahuan anak untuk membaca. Komik sesuai dengan usia siswa sekolah dasar yang terdiri dari banyak gambar dan sedikit bacaan. Meskipun dialognya tidak terlalu banyak seperti dalam cerita pendek namun justru membuat anak usia sekolah dasar lebih mudah untuk memahami isi dari komik tersebut.

Komik ini merupakan dialog yang terjadi antara Bu Tika dengan para siswanya. Bu Tika memberikan pertanyaan kepada para siswanya tentang bagian tubuh yang paling mahal. Seorang anak menjawab telinga. Bu Tika menyanggahnya karena tanpa mendengar pun manusia masih bisa bertahan hidup. Siswa lain menjawab mata. Bu Tika menyenggah lagi, bahkan tanpa pendengaran dan penglihatan manusia tetap bisa bertahan hidup. Dodi mencoba menjawab bagian tubuh yang paling penting adalah bahu. Ia teringat ketika neneknya meninggal, Ibunya meminjam bahu temannya untuk menangis.

Bu Tika setuju dengan jawaban Dodi. Bahu merupakan bagian tubuh yang penting tapi bukan secara makna harfiah/denotasi. Bahu yang dimaksud adalah secara makna konotasi. Bahu merupakan bukti kepedulian kita terhadap oranglain. Bahu dapat menahan kepala keluarga, temah, sahabat kita ketika menangis. Bahu memiliki makna kasih, simpati, kepedulian terhadap sesama.

Pelajaran yang dapat diambil dari komik ini adalah bahwa kita sebagai manusia tidaklah sempurna. Setiap manusia memiliki titik kelemahannya masing-masing, sehingga masih membutuhkan oranglain  untuk berkeluh kesah dan bersandar.

Kekurangan dari komik ini dari segi dialog Bu Tika sebaiknya tidak menggunakan kata “kamu salah“ kepada siswanya. Karena hal tersebut akan membuat anak kecewa dan mematahkan semangatnya. Akan lebih baik jika kata “kamu salah“ diganti dengan “jawabanmu betul, tapi kurang tepat“

Kesimpulannya adalah bahwa komik ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Terutama bagi anak-anak karena akan lebih dapat mengambil pelajaran dari setiap dialog yang disajikan.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.