Mari Menanam Pohon Kebaikan

Yayuk Amirotin, S. Pd (Duki No. 126)
Guru SD Negeri Wlingi 01, Kabupaten Blitar – Jawa Timur

Review Komik “Petuah Emas Ibu ”

Komik ini menceritakan tentang nasihat ibu adalah emas yang akan membawa kebaikan pada diri anak. Mendengarkan dan menurut pada nasihat ibu dapat membawa kita pada kehidupan yang lebih baik di masa mendatang, karena ibu memahami apa yang terbaik bagi anak-anaknya. Theo, siswa kelas 3 S`MP tiba-tiba ditonjok oleh anak nakal ketika pulang sekolah. Anak nakal yang selalu tidur pada saat jam pelajaran dan tidak pernah mengerjakan PR.  Keesokannya Theo berencana untuk membalas perbuatan anak nakal itu. Ibu Theo menasihati jika Theo membalas perbuatan anak nakal itu, berarti tindakan dan pikiran Theo sama saja seperti anak nakal itu.

“Jika kamu berbuat baik, maka akan membuahkan hasil yang baik pula. Sebaliknya, jika kamu melakukan hal yang buruk, maka hasil buruknya akan kembali kepadamu.” Ibarat bersusah-susah menanam pohon, maka kita akan tinggal di hutan yang rimbun. Jika kita merusak pepohonan, maka kita akan tinggal di padang gersang.

Dari penggalan cerita tersebut, banyak pelajaran yang dapat kita peroleh, di antaranya:

  • Tidak boleh membalas perbuatan buruk dengan perbuatan buruk
  • Mematuhi nasihat ibu akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.
  • Jika kita berbuat baik, maka akan membuahkan hasil yang baik pula. Sebaliknya, jika kita melakukan hal yang buruk, maka hasil buruknya akan kembali kepada kita.