Sandarkan bahumu bagi mereka yang membutuhkan

Gusni Ekowati, S.Pd (Duki No. 496)
Guru SDN 002, Kelanga, Natuna – Kepulauan riau

Review Komik “Bagian Tubuh Paling Mahal”

Komik ini menyampaikan pesan moral yang sangat bagus bagi anak-anak, terutama anak yang akan beranjak remaja, akan tertanam dalam diri mereka untuk membantu sesama. Kita tidak hanya membantu dengan uang dan tenaga tapi dengan memberikan bahu untuk bersandar bagi mereka yang membutuhkan itu merupakan hal yang sangat membahagiakan dan dapat menghilangkan beban bagi mereka. Bu Tika guru kelas 6 yang memberikan pertanyaan yang diluar logika para siswa, dan jawabannya yang tidak disangka oleh siswa. Banyak siswa yang menjawab salah, namun ada seorang siswa menjawab dengan tenang berdasarkan pengalaman yang pernah dilihatnya, dan ternyata jawabannya benar sekali. Bahkan kawan-kawannya heran kenapa jawabannya itu benar, sehingga bu Tika menjelaskan arti bahu bagian tubuh paling mahal. Ternyata bahu disini memiliki makna kasih, simpati terhadap sesama.

Dari cerita di atas banyak manfaat yang kita dapat, pelajaran yang dapat kita aplikasikan di kehidupan kita sehari-hari. Jangan kita menghindar jika ada orang yang membutuhkan bahu kita untuk bersandar, saat mereka bersedih atau dalam masalah. Jadilah sahabat yang selalu ada saat suka dan duka. Kalau kita tak memiliki uang yang cukup untuk membantu, tapi kita masih punya bahu dan hati yang sabar serta jiwa yang bijak untuk mereka bersandar.

Komik ini sangat bermanfaaat untuk siswa: Mereka bisa menjadi teman yang baik bagi sahabatnya, menjadi siswa yang peduli dengan orang di sekitarnya, menjadi siswa yang bersimpati dengan orang lain, menjadi siswa yang menghargai orang lain.