Jadi Orang Jangan Jahil

Estuti,S.Pd.SD (Duki No. 573)
Guru SD Negeri Tegalsari, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo – D.I.Yogyakarta

Review Komik “Pelajaran untuk Rengga”

Komik yang berjudul “Pelajaran untuk Rengga” sangat baik apabila dibaca untuk usia anak-anak, yang banyak mengandung pesan-pesan sifat/kebiasaan mendidik anak agar lebih mempunyai karakter yang peduli.

Diceritakan Rengga anak yang suka menjahili temannya, mencoret-coret buku catatan teman, menyembunyikan alat tulis , bahkan menyembunyikan sepatu temannya saat olah raga. Suatu hari tanpa sepengetahuan Rengga, teman-temannya kompak akan memberi pelajaran agar insyaf. Tas Rengga dititipkan di pos satpam oleh teman-temannya .Saat pelajaran berlangsung, Rengga tidak mencatat bahkan kelihatan cemas, kemudian ditanya oleh bu guru. Rengga bilang bahwa tasnya hilang. Salah satu siswa berterus terang pada Bu guru bahwa merekalah yang menyembunyikan tas Rengga dengan tujuan agar Rengga insyaf atas perbuatannya selama ini. Akhirnya rRengga minta maaf kepada teman-temannya.

Dalam kehidupan, kadang-kadang kita juga menjumpai orang jahil yang membuat kita jengkel.Ternyata,ada pelajaran yang sangat berharga dari bacaan ini, antara lain :

  1. Hindari perbuatan jahil.
    Perbuatan jahil menyebabkan orang lain jengkel dan benci pada kita
  2. Berani mengambil tindakan.
    Dalam situasi tertentu, diperlukan keberanian untuk mengambil tindakan
  3. Jujur.
    Kejujuran akan memberikan solusi pada suatu permasalahan
  4. Mau minta maaf dan memaafkan
    Minta maaf harus dibiasakan ketika kita bersalah pada orang lain dan mau memaafkan kesalahan orang lain