Kisah Semangat Dari Semampai Siap Sukses

Yudhistira Citra P, S.Pd.SD (Duki No. 093)
Guru SD Negeri Polisi 5, Kota Bogor – Jawa Barat

Komik yang berjudul “Semampai Siap Sukses” merupakan salah satu komik seri pendidikan moral yang terdapat pada aplikasi Kipin School 4.0. Mengisahkan tentang seorang anak laki-laki bernama Dino, yang pada awalnya tokoh Dino ini merasa malu dan kurang beruntung dengan latar belakangnya, karena terlahir dengan keterbatasan fisik, dengan tinggi badan di bawah rata-rata anak seusia Dino. Sampai pada suatu saat, Dino mengadu kepada sang Ibunda karena sudah merasa jengkel dengan perlakuan teman-temannya di sekolah yang selalu mem-bully Dino, akibat dari tubuhnya yang tumbuh agak terlambat di bandingkan teman-temannya yang lain.

Ibunya Dino memberikan semangat kepada anaknya untuk pantang menyerah serta tidak mengendurkan semangat, Sang Ibu pun memberikan petunjuk yang harus diikuti oleh Dino jika ia ingin tumbuh kembang seperti anak-anak yang lain. Pada akhirnya, nasihat serta petunjuk yang diberikan Ibunya Dino, kelak menjadi “obat” yang sangat mujarab bagi semangat Dino itu sendiri. Dengan ketekunannya serta usaha yang sungguh, di tambahkan dengan kegemaran Dino terhadap olahraga Sepakbola, seperti membuat ia terlupa akan kekecewaan serta kesedihannya. Prestasi demi prestasi ia dapatkan dari kerja kerasnya selama berlatih sepakbola dengan tekun. Pun begitu dengan teman-temannya, tanpa sadar sudah menjadikan ketekunan serta kesuksesan Dino sebagai contoh tauladan yang baik. Akhirnya, Dino pun mulai bisa memahami semua hal yang dilakukannya selama ini, bahwa keterbatasan yang dia miliki tidak harus membuat ia patah semangat, di balik setiap kekurangan pasti ada kelebihan yang bisa dimaksimalkan, seperti halnya 2 mega bintang sepak bola yang dia idolakan ; Diego Maradona dan Lionel Messi.

Dari kisah dalam komik tersebut terdapat pesan yang bisa kita peroleh, diantaranya :

1. Bahwa keterbatasan fisik bukanlah hambatan dalam mencapai kesuksesan
2. Seseorang yang terlahir dengan tubuh pendek memiliki kesempatan mengembangkan bakat, apabila didukung dengan semangat, kemauan, serta usaha yang tinggi

Adapun dengan terbitnya komik seri ini, diharapkan dapat memotivasi siapa saja agar jangan cepat merasa putus asa dan minder dalam menggapai impian karena keterbatasan fisiknya, melainkan harus berjuang lebih keras hingga impian atau cita-cita itu tercapai.