Bertahan dalam Kejenuhan

Pricillia Winata, S.Pd. (Duki No. 758)
Guru SDS Bunda Mulia, Kecamatam Gambir – Jakarta Pusat

Pendidikan.id lewat KIPIN menerbitkan komik literasi seri pendidikan moral berjudul Kehormatan Suatu Pekerjaan. Komik ini dapat dibaca oleh anak-anak berusia 10 tahun ke atas. Komik ini bercerita seorang anak muda bernama Vito yang merupakan karyawan baru di sebuah bank. Selama Vito bekerja, ia mengalami banyak tantangan dan menyebabkan semangatnya menurun. Vito berpikir untuk berhenti dari pekerjaannya dan mencari pekerjaan yang lebih ringan. Akankah Vito pada akhirnya menyerah dan keluar dari pekerjaannya?

Kisah dimulai dengan perkenalan tokoh utama, yaitu Vito. Vito bekerja sebagai staff marketing di sebuah bank dan sedang mengalami masa percobaan 3 bulan. Namun, dalam masa percobaan itu Vito tidak memenuhi target bank untuk mendapatkan nasabah-nasabah baru. Vito menjadi putus asa dan jenuh. Ia pun menjadi malas melanjutkan pekerjaannya dan memutuskan berhenti kerja. Vito berencana mencari pekerjaan lain yang lebih ringan.

Dalam perjalanan pulang, Vito melihat seorang nenek Rumi berjualan bakpao di pinggir jalan. Vito pun berniat membeli bakpao tersebut untuk teman-teman di kantor kantor sebagai hadiah perpisahan. Ia membeli beberapa biji dan membayar ke nenek penjual bakpao. Namun, nenek Rumi tidak memiliki uang kembalian. Vito mengatakan kepada nenek Rumi untuk mengambil kembalian tersebut sebagai sedekah. Tapi di luar dugaan nenek penjual bakpao menolak uang kembalian sebagai sedekah. Nenek Rumi berkata, “kami tidak ingin memiliki mental pengemis, meskipun kami miskin.” Sontak Vito terkejut sekaligus terharu mendengar kata-kata nenek Rumi. Akhirnya nenek Rumi menawarkan uang kembalian diganti dengan bakpao. Vito pun menyetujuinya.

Setelah mendengar perkataan nenek Rumi, Vito menjadi termenung dan sadar bahwa selama ini dirinya mudah sekali patah semangat. Walaupun nenek Rumi sudah tua dan miskin, ia tetap bersemangat berjualan di jalan yang penuh polusi. Nenek Rumi bahkan mempertahankan harga dirinya dengan tidak menerima kembalian sebagai sedekah sekalipun hidupnya dalam kondisi serba susah. Dibandingkan dengan diri Vito yang masih muda, sehat, dan bekerja dalam gedung yang bersih dan nyaman, kondisi Vito masih lebih baik dan beruntung. Vito merasa malu dengan dirinya sendiri yang mudah menyerah. Ia memutuskan untuk tidak jadi mengundurkan diri dan lebih giat bekerja.

Ada beberapa manfaat yang dapat dipelajari oleh murid-murid setelah membaca komik Kehormatan Suatu Pekerjaan:

  • Bersyukur dengan kehidupan yang kita miliki sesulit apapun masalah yang kita hadapi.
  • Tidak ada pekerjaan yang mudah. Setiap pekerjaan memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri. Oleh sebab itu, kita harus tetap semangat dan bekerja keras mengalahkan kesulitan itu.
  • Untuk berhasil dalam pekerjaan kita, kita harus mampu bertahan dengan kejenuhan dan kesulitan yang dihadapi.