Tolong Menolong dalam Gotong Royong

Pricillia Winata, S.Pd. (Duki No. 758)
Guru SDS Bunda Mulia, Kecamatan Gambir – Jakarta Pusat

Pendidikan.id kembali mempersembahkan komik literasi melalui KIPIN SERIES dengan judul Gotong Royong, Semua Tertolong. Komik ini menceritakan tentang kerja sama teman-teman Apin untuk membantu biaya berobat Apin di rumah sakit. Dalam komik, akan diperlihatkan betapa pentingnya gotong royong ditanamkan dalam diri anak-anak sejak kecil agar dapat saling membantu sama lain serta menumbuhkan rasa solidaritas.

Cerita diawali ketika robot KIPIN sedang menunggu Buki, Sina, Odi, dan Apin di taman. Tiba-tiba Odi datang dan mengatakan bahwa Apin mengalami berada di rumah sakit karena kecelakaan. Robot Kipin kaget dan bergegas ke rumah sakit bersama Odi. Sesampainya di rumah sakit, mereka bertemu dengan Buki, Sina, dan ibu Apin.

Dokter pun memberitahu bahwa Apin harus segera dioperasi. Ibu Apin menjadi syok karena tidak memiliki uang untuk operasi. Robot Kipin menyarankan ibu

Apin untuk menggunakan asuransi BPJS untuk mengoperasi Apin. Namun ibu Apin tidak mengikuti BPJS. Semua uang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dan membeli makanan enak untuk Apin.

Teman-teman berinisiatif untuk mengumpulkan sumbangan buat Apin. Mereka menyumbangkan sebagian tabungan mereka. Mereka juga mengumpulkan sumbangan dari teman-teman dan guru-guru sekolah. Kemudian mereka menyerahkan hasil sumbangan tersebut ke ibu Apin. Ibu Apin merasa terharu dan mengucapkan terima kasih. Robot Kipin member saran ke ibu Apin untuk mengikuti program BPJS dari pemerintah agar bisa meringankan biaya kesehatan Apin.

Manfaat yang diperoleh para murid setelah membaca komik ini:

  • Para murid belajar untuk saling peduli dan berempati dengan orang-orang disekitarnya.
  • Para murid lebih memahami pentingnya gotong royong bagi dirinya sendiri dan orang lain.
  • Para murid menyadari pentingnya menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk asuransi kesehatan (BJS) agar meringankan biaya kesehatan mereka ketika mereka dewasa.