Mau jadi Ilmuwan, Yuk Baca Komik Ini!

Silvia Dwi, S.Pd (Duki No. 698)
Guru SD Negeri 6 Pangkalpinang

Komik berjudul Ilmuwan merupakan komik yang dapat dinikmati khususnya untuk usia 7 tahun ke atas. Komik ini membuka cakrawala berpikir kita tentang bagaimana sebuah benda ditemukan. Sesuatu yang tidak pernah terpikirkan dulunya kini hadir di tengah-tengah kita karena kesungguhan para ilmuwan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Penelitian yang dilakukan secara terus menerus tanpa mengenal kata putus asa telah banyak memberikan sumbangsih bagi dunia.

Komik ini juga menyuguhkan banyak ilmuwan yang tercatat namanya di sejarah dunia atas dedikasi dan hasil penelitiannya. Sebut saja Thomas Alva Edison dengan penemuan lampunya yang membuat dunia menjadi terang benderang, Alexander Fleming yang memiliki kontribusi bagi dunia Kesehatan dengan penemuan obat antobiotik pertama, Wright bersaudara yang menciptakan pesawat terbang pertama sehingga saat ini kita dapat menjelajaH dunia dengan mudah, dan masih banyak ilmuwan dunia dengan hasil penelitiannya yang dapat kita temukan di komik ini. Ilmuwan Indonesia pun tak kalah hebatnya, tersaji di komik ini. Khoirul Anwar dengan penemuan konsep FFT  untuk internet 4G yang diangkat menjadi standar internasional, BJ Habibie yang menemukan teori Crack untuk menghitung titik lemah pesawat sehingga kualitas pesawat dapat ditingkatkan, dan masih banyak ilmuwan Bumi Pertiwi yang tersaji di komik ini.

Komik ini memberikan kita motivasi untuk dapat berkontribusi dengan menjadi ilmuwan. Sedari dini, kita harus rajin belajar, gemar membaca ilmu pengetahuan, dan gemar melakukan penelitian-penelitian. Sehingga sangat mungkin bagi kita untuk dapat mencatatkan nama dalam sejarah atas kontribusi dan penemuan kita dalam memberikan kebermanfaatan bagi dunia.

Manfaat siswa membaca komik ini adalah:

  1. Siswa akan termotivasi untuk memanfaatkan waktu dengan sebaiknya dalam mempelajari ilmu pengetahuan.
  2. Siswa akan termotivasi untuk menjadi ilmuwan yang dapat berkontribusi bagi dunia.
  3. Siswa akan senang melakukan penelitian-penelitian
  4. Siswa mengenal para ilmuwan dunia yang dapat dijadikan contoh sehingga tumbuh sikap pantang menyerah, tidak kenal putus asa, tekun, dan suka membaca.